AYOPRENEUR.COM

Keberanian Nur Rosada Berkecimpung di Bisnis Fashion Hijab

12 Oct 2016 Hits : 4,004

Sejak kapan Anda berkecimpung di bisnis fashion hijab?
Sebenarnya di tahun 2013 saya sudah menjual hijab, tapi hanya sebagai supplier. Titik balik terjadi di tahun 2014 saat saya pindah dari Bandung ke Tangerang. Kebetulan ibu saya pandai menjahit. saya memutuskan untuk membuat hijab sendiri dengan bantuan tenaga ibu saya karena saya belum begitu mahir dengan mesin jahit. Dari situ dimulai produksi Fashionuria Sweet untuk hijab instan dan beberapa gamis serta dress. Pada waktu itu, saya masih membeli bros dan aksesoris dari para supplier. Awal Januari 2014, saya mulai memikirkan cara pemasaran yang efektif selain via online karena keterbatasan foto-foto yang tidak bagus sehingga saya membidik pasar yang lain. Saya ingin orang-orang dinas pemerintahan juga bisa turut andil dalam kesuksesan saya. Saya memahami sebenarnya negara telah menyiapkan dana yang begitu amat besar untuk para UMKM yang ingin maju dan berkiprah di masyarakat. Dari situlah saya menyambangi berbagai dinas yang berhubungan dengan usaha saya untuk bertanya mengenai berbagai bantuan fasilitas atau peralatan yang mugkin bisa di dapatkan. Saya langsung menuju ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tangerang dan ternyata pada tangal 19–22 Mei saya diajak langsung Pameran TTG (Teknologi Tepat Guna). Dari sanalah pameran pertama saya ikuti. Tidak disangka, pameran pertama saya sukses, produk saya banyak diminati, dan saya semakin yakin saya bisa dengan keterbatasan pribadi saya yang pendiam dan pemalu, tapi saya bias. Sekarang di samping produk hijab, 1 tahun kebelakang ini saya membuat akesesoris berupa bros hijab atau headpiece hijab dan non hijab untuk keperluan pesta, fashion show, model atau bisa untuk souvenir pernikahan, seragam pengajian dan seragam qasidah. Biasanya mereka pesan sesuai kenginan karena awalnya banyak yang mencari bros handmade. Untuk saat ini, produk saya bisa dikunjungi di toko sebelah rumah, lalu di Mall Bintaro, tepatnya di Lottemart Bintaro sektor 8 Tangsel, serta aktif mengikuti pameran-pameran, dan bazaar.

Bagaimana dengan kondisi pasar fashion hijab sekarang?
Kondisi pasar fashion hijab sedang berkembag pesat dan saya sangat bersyukur bisa terjun ke dunia fashion hijab yang dulu sangat jarang orang mengenakan hijab. Dengan berkembangnya fashion hijab, otomatis menguntungkan saya dari segi pemasaran karena TV dan internet mejadi media efektif untuk para konsumen agar tertarik, ditambah lagi artis-artis Ibu Kota yang mulai mengenakan hijab serta menjadi role model tersendiri bagi para fans-nya. Hijabers bayak sekali yang menggemari hijab yang gaya, modern dan tentu aksesoris hijab yang menunjang penampilan mereka agar terlihat cantik, elegan, modis, namun tetap syar’i.

Darimana biasanya Anda mendapat inspirasi untuk mendesain hijab?
Biasanya melalui pemikiran saya, artinya saya suka bereksperimen dan menciptakan sesuatu hal yang baru karena saya tidak ingin hijab saya pasaran. Saya ingin produk-produk saya terlihat ekslusif dan elegan. Di samping itu, tidak juga membuat saya menutup diri. Saya sesekali melihat model hijab dari internet atau mengawati kawan-kawan yang memang berprofesi sama-sama menjual hijab.

Punya kesulitan yang dihadapi selama Anda menjalankan bisnis ini?
Kesulitan yang dihadapi adalah SDM yang kurang, sehingga produksi kami belum maksimal. Dikarenakan saya belum memiliki karyawan, semua ditangani sendiri, termasuk untuk pengiriman, produksi, marketing, pelayanan online maupun offline. Ibu saya hanya membantu untuk pembuatan jilbab dan gamis, sedangkan bros dan aksesoris murni saya kerjakan sendiri. Jika orang lain yang mengerjakan, hasil pastia akan berbeda karena tiap orang memiliki karya yang unik. Dari segi hasil pemotretan pun masih menggunakan kamera HP yang terbatas resolusinya, sehingga hasilnya pun belum maksimal.

Boleh bagi-bagi tips untuk memulai dan sukses di bisnis hijab?
Tanamkan rasa berani dalam diri bahwa semua akan baik-baik saja. Bangun kepercayaan dengan kejujuan dan amanah yang tinggi. Kembangkan mimpi Anda dengan mengikuti tahapan-tahapan yang benar serta mengunjungi orang yang tepat dan lebih berpengalaman. Siapkan juga mental baja karena persaingan akan selalu ada, bahkan kawan terdekat sekalipun. Selain itu, pantang menyerah jika menemui kegagalan, bangkit, dan bangun kembali impian. Terakhir, lakukan hal-hal sederhana secara bertahap untuk menghasilkan produk yang dahsyat.

Bisa berikan testimoni mengenai e-ciputra.com?
E-ciputra.com merupakan e-commerce yang pasti akan berkembang pesat seiring waktu karena banyak relasi dan bisnis Ciputra juga mendapat kepercayaan tinggi bagi para investor dan konsmen yang juga akan melirik. Untuk aplikasi di e-ciputra.com pun sangat mudah, praktis, dan memberi pelayanan yang baik.

Apa harapan Anda untuk bisnis fashion hijab dalam 5 tahun ke depan?
Harapan saya adalah bagaimana para muslimah yang berhijab juga mendapatkan kesempatan yang sama dalam berkreasi dan dalam berpenampilan lebih baik lagi. Untuk para pelaku UKM, terutama wanita, agar lebih mandiri, kreatif, inovatif dalam lingungan keluarga dan dapat berkiprah atau bermanfaat di masyararakat. Untuk saya pribadi, saya bisa lebih maju dan berkembang, terutama bisa memperkerjakan karyawan yang berkualitas, sehingga menghasilkan jumlah barang yang lebih banyak. Dalam hal pameran, semoga bisa pameran tidak hanya di dalam wilayah Negara Indonesia, tetapi juga bisa mengikuti pameran serta ajang fashion bergengsi di luar negeri. Tidak lupa juga menjadi pusat mode bagi para muslimah berhijab, sehingga suatu hari kelak, ingat hijab, ingat produk kami yang unik dan elegan. (fb)

KataWarta.COM