AYOPRENEUR.COM

Inilah Ide Usaha Rumahan dengan Modal Rp5 Juta

02 Mar 2017 Hits : 3,017

Memulai sebuah usaha yang menguntungkan ternyata tidak selalu bermodal besar. Menjalankan sebuah usaha juga bisa maksimal hanya dengan budget sekira Rp5 jutaan saja.

Hal tersebut bisa terjadi karena pemilik usaha juga harus bisa memperhitungkan modal awal usaha mereka seminimal mungkin dengan keuntungan yang sebesar-besarnya. Modal tersebut ternyata tidak hanya untuk modal usaha, tapi juga untuk kegiatan promosinya.

Beberapa usaha berikut ini adalah peluang usaha rumahan yang bagus dengan modal hanya Rp5 juta saja:

1. Usaha menjahit
Untuk usaha menjahit, pastinya anda perlu menguasai keterampilan menjahit, atau bisa juga belajar terlebih dulu secara otodidak. Kemudian, modal untuk sebuah mesin jahit Rp3 juta, lalu benang dan jarumnya Rp100 ribu, kancing dan retsleting Rp100ribu, total modal adalah Rp3,2 juta. Jika ongkos untuk menjahit sekira Rp200ribu perjahitan dan dalam seminggu bisa mengerjakan 10 jahitan, perhitunganya:
Seminggu = Rp200 ribu x 10= Rp2 juta
Sebulan=  (Rp200 ribu x 10) x 4 minggu = Rp6 Juta

2. Usaha reparasi tas
Usaha ini juga memerlukan keahlian khusus, dan untuk modal awalnya adalah sebuah mesin jahit biasa  senilai Rp 1 juta, mesin jahit khusus untuk bahan kulit Rp 3 juta. Kemudian, spare part seperti lem, benang dan lainya sebesar Rp200 ribu. Maka total pengeluaranya adalah Rp4,2 juta. Sedangkan ilustrasi pemasukannya:
Seminggu : Rp100 ribu x 10 = Rp1 juta
Sebulan : ( Rp100ribu x 10) x 4 minggu = Rp4 Juta

3. Usaha laundry kiloan
Usaha laundy kiloan ini mungkin tidak terlalu sulit ditemukan, dan sudah banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai usaha yang cukup menguntungkan. Usaha ini hanya memerlukan tempat yang strategis, seperti di sekitar kampus atau dekat area perkantoran.  

Modal untuk usaha ini adalah mesin cuci dan pengering senilai Rp3 juta, dua buah setrika dengan harga masing-masing Rp200 ribu, timbangan Rp200 ribu, deterjen dan pewangi Rp200 ribu, dan keperluan lainnya sekira Rp200 ribu. Total modal seluruhnya Rp4 juta. Namun, anda perlu memperhitungkan juga jika mesin cuci yang digunakan akan ditambah, lalu ada karyawan yang bekerja juga di laundry anda.

Dengan perhitungan rata-rata order 20 kilo pakaian per hari dengan harga Rp6.000 per kilonya, maka pemasukan untuk sebulan = (20 kilo x 6 ribu) x 30 = Rp3,6 juta. (as/sindonews)  

KataWarta.COM